Definisi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegunaan Profil Pelajar Pancasila
- Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
- Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia
- Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Pancasila mengimani dan mengamalkan nilai dan ajaran agama/kepercayaannya. Hal ini diwujudkan dalam akhlak yang baik
pada diri sendiri, sesama manusia, alam,
dan negara Indonesia (nasionalisme).
Berkebinekaan global
Pelajar Pancasila mengenal dan mencintai budaya dan negaranya (nasionalisme), menghargai budaya lain, serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya. Mereka juga melakukan refleksi terhadap pengalaman kebinekaannya, sehingga dapat menyelaraskan perbedaan budaya untuk mewujudkan masyarakat inklusif, adil, dan berkelanjutan.
Mandiri
Pelajar Pancasila memiliki pemahaman terhadap diri dan situasi
yang dihadapi, serta regulasi diri untuk mencapai tujuan dan
meningkatkan kualitas hidupnya.
Bergotong royong
Pelajar Pancasila melakukan kolaborasi yang dibangun atas dasar
kemanusiaan dan kepedulian kepada bangsa dan negara, sehingga
dapat berbagi kepada sesama.
Bernalar kritis
Pelajar Pancasila yang bernalar kritis menganalisa dan mengevaluasi
semua informasi maupun gagasan yang diperoleh dengan baik.
Mereka juga mampu mengevaluasi dan merefleksi penalaran
dan pemikirannya sendiri.
Kreatif
Pelajar Pancasila yang kreatif adalah pelajar yang bisa menghasilkan
gagasan, karya, dan tindakan yang orisinal. Mereka juga memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
Sumber : https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka
0 komentar:
Posting Komentar